MIFA MAJU MENUJU SEKOLAH BERBASIS DIGITALISASI 2021-2026

PANDEGLANG.- Ketua Yayasan Miftahul Falah Arrosyidiyah, H. S. Abdur Rosyid menekadkan pada tahun 2021 – 2026, MTs dan SMK MIFA menuju era digitalisasi dalam upaya mewujudkan visi yayasan dan sekolah.

Penegasan tersebut disampaikan dalam sambutannya pada acara Pelepasan Siswa MTs dan SMK MIFA yang digelar di Coconut Island, Labuan, Pandeglang, Sabtu (12/06/2021). “Kami sangat membutuhkan dukungan penuh dari seluruh unsur pengelola sekolah, baik MTs maupun SMK untuk mewujudkan MIFA Maju Berbasis Digitalisasi yang akan kita mulai pada tahun pelajaran 2021/2022/. Dengan kerja keras, kerja ikhlas dan kerja tuntas dari seluruh komponen sekolah, diharapkan pada tahun pelajaran 2025/2026, MIFA dapat mewujudkan Sekolah Berbasis Digitalisasi,” katanya.

Dipaparkan Abdur Rosyid, digitalisasi pendidikan merupakan sebuah inovasi sistem pendidikan yang merujuk pada transformasi atau perubahan sistem ke arah digital dengan menggunakan teknologi. “SMK MIFA memiliki sumberdaya tenaga pengajar dan juga jurusan Multimedia guna mendukung penerapan digitalisasi,” terangnya.

Pihak yayasan akan berupaya berkoordinasi dengan pemerintah dan menggandeng pihak dunia usaha dan industri untuk guna bermitra dalam mendukung penerapan digitalisasi di MTs dan SMK MIFA.

Sementara itu, Kepala SMK MIFA, Dra. Hj. Siti Hajar menyambut baik gagasan dan harapan dari pengurus yayasan  tersebut dan dalam waktu dekat akan mengonsolidasikannya dengan seluruh wakil kepala sekolah (wakasek), dewan guru dan staf.

“Kami juga sangat membutuhkan dukungan dari para alumni SMK MIFA untuk memberikan masukan dan peran aktifnya bagi almamater. Kami senantiasa berdoa agar para lulusan ini bisa melanjutkan pendidikannnya ke jenjang Pendidikan tinggi maupun diterima di dunia usaha/industri,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Kepala MTs MIFA, Yusuf Apendi. Penerapa digitalisasi di sekolah merupakan suatu keharusan pada era teknologi saat ini.

Bangga Jadi Lulusan SMK MIFA

Salah seorang lulusan, Setiawati dari Jurusan Akuntansi mengaku bangga bisa belajar di SMK MIFA. Meski masih banyak keterbatasan selama 3 tahun menggali ilmu, namun, para guru selalu semangat mengajar dan membimbing para siswa tanpa kenal lelah.

“Terima kasih bapak dan ibu guru, jasamu tiada tara. Doakan terus kami, agar menjadi anak-anakmu yang berbakti pada orangtua, guru, masyarakat, bangsa dan negara,” tuturnya lirih.

Setiawati juga berharap ke depan, SMK MIFA lebih meningkatkan kualitas Pendidikan, sehingga mampu meluluskan siswa yang bisa berdaya saing, baik di dunia Pendidikan tinggi dan juga dunia usaha/industri.

Tiga terbaik lulusan SMK MIFA tahun pelajaran 2020-2021, urutan pertama Setiawati (Jurusan Akuntansi), selanjutnya Alga Sonia Bintang (Multimedia) dan Imelia Putri (Multimedia). Sementara tiga terbaik MTs MIFA yakni Fitri Fadilah, Susi Olivia dan Lestari.

Acara diakhiri dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Hasan Basri yang membawakan tema “Hormati Ilmu dan Guru” sehingga lulusan MIFA menjadi manusia yang berilmu dan berakhlakul karimah.

Untuk diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan pihaknya akan melakukan digitalisasi sekolah pada 2021 mendatang. Digitalisasi sekolah ini merupakan peningkatan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada sekolah.

“Kita program 2021, salah satu terbesar adalah digitalisasi sekolah. Di mana kita memastikan bahwa berbagai macam toolkit TIK itu akan kita persiapkan dan kita akselerasi dari sebelumnya,” kata Nadiem dalam acara Indonesia Bicara yang disiarkan melalui kanal Youtube Media Indonesia pada Kamis (5/11).

Nadiem menyebut, dari program itu akan ada beragam inisiatif teknologi bagi sekolah. Mulai dari platform bagi kepala sekolah hingga guru.

“Guru bisa menggunakan kurikulum berdasarkan level kompetensi siswanya, enggak dipaksa menggunakan suatu level yang tidak cocok dengan siswanya ya. Nah itu hanya bisa dilakukan dengan teknologi,” katanya.

Nadiem mengatakan pada program ini, guru akan diberikan kebebasan untuk memilih tingkatan mana yang dirasa cocok untuk siswa mereka. (selengkapnya di link: Kemendikbud akan Digitalisasi Sekolah Mulai 2021)***

X